Lanud Balikpapan Jadi Pangkalan Strategis yang Dimiliki TNI AU

14 Maret 2018


F-16 di lanud Balikpapapan (photo : TNI AU)

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pangkosek Hanudnas II Marsekal Pertama Ir Tedi Rizalihadi mengatakan bahwa Lanud Balikpapan jadi pangkalan operasi strategis yang dimiliki TNI AU.

"Lanud Balikpapan jadi pangkalan strategis. Cocok untuk penggelaran operasi," tuturnya.

Lebih lanjut, letak geografis jadi faktor mengapa dirinya menyebut Lanud Balikpapan jadi pangkalan strategis. Dari sisi pertahanan udara wilayah hukumnya melintasi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

"Dimana jalur udara memotong dari udara ke selatan. Adanya ALKI II jadi koridor pesawat tempur yang melintas," ungkapnya.


Selain itu, dari segi jarak jangkau pesawat tempur, dari Lanud Balikpapan masih bisa menjangkau daerah perbatasan ke wilayah utara.

"Bila ada kontijensi di daerah perbatasan, Lanud Balikpapan strategis untuk dijadikan pangkalan penggelaran operasi," katanya.

Sebabnya, latihan Kilat Cakra 2018 diadakan di Balikpapan. Tak lain untuk melatih penggelaran operasi, yang melibatkan sinergitas unsur TNI AU, mulai dari satuan radar, fighter penerbang, dan Lanud. Mereka melakukan simulasi force down pesawat ilegal di base ops Lanud Balikpapan beberapa waktu lalu.

(TribunNews)

Subscribe to receive free email updates: