Menhan Tengok Pesanan Tank Boat di Banyuwangi

28 Juli 2018

Tank boat Antasena (all photos : detik)

Menhan Pesan Tank Boat Pertama di Dunia

Banyuwangi (beritajatim.com) - Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu secara khusus melihat progres pembuatan Tank Boat Antasena 214 di PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi. Menurutnya, dirinya merasa bangga karena kapal pertama di dunia itu dibuat oleh anak negeri sendiri. 

"Kita patut berbangga, dan bangsa ini bangga karena sudah mampu membuat kapal ini. Bahkan, dari negeri sendiri sudah banyak dipesan dari negara-negara lain," ungkapnya saat di Banyuwangi, Sabtu (28/7/2018).


Baginya, lanjut Ryamizard, buatan asli anak negeri mampu membuktikan produksinya layak dan setara dengan negara lain. "Banyak di Indoensia industri perkapalan itu ada 30 kayaknya, tapi yang dipakai untuk pertahanan mungkin ada 10 ya. Bayangkan, kalau dalam keadaan darurat dalam 1 hari kita dapat menciptakan 30 kapal perang?," terangnya. 

Khusus untuk Antasena, kata Ryamizard, ini akan dipakai di sungai-sungai yang besar. Dan dirinya berpesan, untuk amunisi meriamnya tidak perlu besar, karena kalau besar itu tugasnya Angkatan Laut. 

"Saya sudah tahu dari setahun lalu, ini digunakan di sungai-sungai. Seperti Kalimantan, Papua dan daerah lain yang memiliki sungai yang besar," 


"Pertama ini kita pesan satu dulu, dan harus bagus dulu. Coba kalau bagus nanti akan pesan lagi. Dan kalau bagus orang nanti pasti datang dan akan lihat dan pesan juga," terangnya. 

Targetnya, tahun depan tank boat pertama di dunia ini akan beroperasi. "Kita pilih di sini karena pas lah. Produknya bagus, tempatnya juga pas. Dekat dengan laut. Kalau mau buat kapal besar langsung aja di sini," pungkasnya.

(Berita Jatim)

Subscribe to receive free email updates: