Tingkatkan Pertahanan, Bangun Lanal Tipe D di Pangandaran

22 Juli 2018


Dermaga BojongSalawe (photo : KabarPriangan)

PANGANDARAN – Pos Angkatan Laut (AL) akan ditingkatkan menjadi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) tipe D. Peningkatan status itu untuk meningkatkan pertahanan di kawasan perairan Pangandaran yang berdekatan dengan Australia.

”Karena di sini (Pangandaran) juga kan sedang dibangun dermaga (Bojongsalawe), maka akan dibangun Lanal Tipe D dengan pangkat mayor,” jelas Danlantamal III Jakarta Laksamana Pertama Denih Hendrata kepada wartawan Kamis (19/7). Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pangandaran sudah mendukung rencana tersebut dengan menyediakan lahan seluas tiga hektare.

Lanjut dia, ke depan untuk penambahan kekuatan, armada di Pangandaran bukan tidak mungkin ditambah. Menurut dia, Pangandaran yang berbatasan langsung dengan Australia harus memiliki alutsista yang lebih untuk pertahanan. ”Ke depan barangkali perlu disiapkan mulai dari kapal patroli dan lain-lainnya. Tentunya ini demi kedaulatan negara kita,” tegasnya.

Sementara itu, dalam kunjunganya ke Pangandaran, Danlantamal III juga mengisi kegiatan bakti sosial, sosialisasi proxy war dan bahaya narkoba serta penerimaan prajurit TNI AL. ”Kami harapkan ke depan penerus prajurit TNI AL itu dari Pangandaran yang istimewa, yang dikenal sebagai anak pantai,” ungkapnya.

(Radar Tasikmalaya)

Subscribe to receive free email updates: