Thailand Lakukan Tes Kendaraan AFV-420P "Mosquito"

26 November 2018


AFV-420P dan HMV-420 adalah kendaraan lapis baja 4x4 yang dikembangkan atas biaya sendiri dari Panus Assembly Co Ltd (all photos : Battlefield Defense)

Kendaraan tempur lapis baja baru AFV-420P "Mosquito"

Panus Assembly Co Ltd menampilkan versi terbaru kendaraan lapis baja 4x4 yang didasarkan pada kendaraan HMV-420. Hasil perbaikan atas uji kinerja dan kemampuan pada bulan September lalu dan mendengarkan masukan dari militer untuk memberikan lapisan armor khusus maka munculah kendaraan baru 4x4 AFV-420P "Mosquito".



Lapisan baja dapat ditambah untuk melindungi diri terhadap serangan senjata kaliber 12,7 mm dan bom, juga untuk melindungi mesin dengan baik. Axle shaft telah diganti yang lebih besar dan juga ban diperbesar sehingga kendaraan sedikit lebih tinggi, ini untuk meningkatkan kemampuan memanjat dan menyeberangi penghalang menjadi lebih baik dari serie sebelumnya.

Untuk meningkatkan kekuatan serangan, kendaraan lapis baja 4x4 ini dapat dikombinasikan dengan tank untuk serangan bersama.


Sebuah turret otomatis kaliber 12,7 mm direncanakan untuk dilengkapi bersama dengan senapan mesin 7,62 mm dan peluncur rudal (kanon bisa berkisar dari 7,62 mm hingga 90 mm).

Platform AFV-420P juga telah digunakan untuk membuat kendaraan model lain, seperti truk infanteri, kendaraan patroli, kendaraan radar, kendaraan komando/komunikasi, mobil untuk unit tempur khusus, dll yang dapat dilakukan dalam berbagai bentuk tergantung pada kebutuhan pengguna.



AFV-420P memiliki bobot 15,84 ton dan payload 1,5 ton. Kendaraan ini memiliki panjang 6,72 m, lebar 2,86 m, tinggi 2,98 m, ground clearance adalah 0,61 m.

Kecepatan tertinggi di jalan 110 km/jam, pengendalian dari AFV 420P sangat tenang dalam mobilitas tinggi, kendaraan ini mempunyai radius putar kecil dengan kemudi 4 roda.




AFV-420P "Mosquito" telah berhasil lulus 15 uji kinerja dan kemampuan di Departemen Pelatihan dan Pengujian Transportasi Angkatan Darat di Kanchanaburi pada 20 November 2018, ini memastikan penggunaan oleh militer itu akan terjadi karena telah memenuhi Standar Angkatan Darat Thailand secara baik.

Selain itu, Panus juga ingin memproduksi dan menjual AFV-420P ke luar negeri. Di masa depan, Panus ​​akan terus berusaha untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi kendaraan beroda ban secara berkelanjutan.

(Battlefield Defense)

Subscribe to receive free email updates: