Excalibur Army Bersiap Perkenalkan KAPA

15 Mei 2020


KAPA lansiran perusahaan Ceko Excalibur Army (photo : Excalibur Army)

Bila kita membuka website perusahaan alat pertahanan Excalibur Army dari Ceko maka kita akan menemukan kendaraan KAPA Amphibious Tracked Vehicle for troops and vehicle transport, belum ada keterangan sama sekali mengenai kendaraan amfibi ini.

Nama kendaraan tempur KAPA adalah nama khas milik Korps Marinir TNI AL untuk memberi nama Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (KAPA) dari jenis K-61 dan PTS-10 buatan Uni Sovyet.

Pada pameran Indodefence 2016 lalu, perusahaan Indonesia PT Republik Defensindo (RD) memperkenalkan miniatur kendaraan angkut amfibi serba guna yang diberi nama KAPA RD Mk I. Laman Polandia Altair pernah memuat artikel mengenai kendaraan ini. Republik Defensindo saat itu tengah membuat 2 prototipe kendaraan untuk dapat dipergunakan oleh Korps Marinir dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Republik Defensindo menyebutkan bahwa Kementerian Pertahanan akan memesan 14 kendaraan ini pada batch pertama.

Miniatur KAPA lansiran Republik Defensindo (photo : Altair)

PT Republik Defensindo dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri pertahanan dan sekaligus sebagai agent dari perusahaan Ceko Excalibur Army dan VOP CZ serta perusahaan Slovakia PPS Vehicles, Kerametal, EVPU, DMD Group.

Beberapa produk Excalibur Army telah dipakai TNI antara lain : RM-70 Vampire MLRS, Treva-15 ARV, dan Pandur II 8x8, Rasanya wajar jika pembuatan produk KAPA ini beralih dari Republik Defensindo ke Excalibur Army karena kedekatan kedua perusahaan ini disamping prospeknya yang dapat diperluas.

Di tangan Excalibur Army KAPA terasa lebih sipil dibandingkan miniatur lansiran Republik Defensindo. Memang ada prospek pengguna sipil di Indonesia yaitu untuk BNPB. Korps Marinir banyak terlibat dalam penanggulangan bencana gempa bumi, banjir, tsunami, dan gunung meletus dengan menggunakan kendaraan KAPA, karena kondisi medan hanya dapat dijangkau dengan kendaraan beroda rantai.


KAPA jenis PTS-10 Korps Marinir TNI AL (photo : Korps Marinir)

Kebutuhan Korps Marinir pada kendaraan ini juga tidak sedikit. Pada tahun 2016 disebutkan bahwa kebutuhan Marinir untuk mewujudkan jumlah angka 890 kendaraan tempur sesuai MEF, menyebutkan kebutuhan kendaraan KAPA adalah 40 unit.
  
Selain Indonesia tentu saja ada kebutuhan serupa bagi negara-negara ex pengguna K-61 dan PTS-10 yaitu Aljazair, Kroasia, Mesir, Georgia, Hongaria, Irak, Latvia, Polandia, Serbia, Suriah, Ukraina, Uruguai dan Vietnam. 

Kita tunggu saja Excalibur Army untuk melakukan launching kendaraan KAPA ini, berat maksimum kendaraan ini sewaktu masih ditangani Republik Defensindo adalah 25 ton artinya kemdaraan ini setara dengan PTS-10 yang mempunyai berat 17 ton dan payload 10 ton, akan lebih besar dari kendaraan K-61.

(Defense Studies)

Subscribe to receive free email updates: