KAPA Marinir Menemukan Anggarannya

27 Mei 2020


KAPA Tipe PTS-10 (depan) dan K-61 (belakang) milik Korps Marinir TNI AL (photo : Marinir)

Berdasarkan sumber yang layak dipercaya, Korps Marinir mendapatkan persetujuan anggaran untuk membeli 54 kendaraan KAPA atau senilai USD 398 juta. Item yang disepakati adalah pembelian 54 kendaraan transport amfibi beroda rantai/Tracked Amphibious Transpoter (TAT).

Saat ini Korps Marinir mengoperasikan 2 tipe KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri) yaitu K-61 dan PTS-10 buatan Uni Sovyet. Di Korps Marinir kendaraan ini bertugas untuk  mengangkut artileri (howitzer), kendaran truk ukuran sedang, dan prajurit infanteri

PTS-4 produksi Tranmash Rusia (image : Tranmash)

Saat ini setidaknya ada 2 produsen kendaraan transport amfibi beroda rantau (TAT) yaitu Tranmash di Omsk Rusia dengan kendaraan PTS-4 dan Excalibur Army di Praha Ceko dengan kendaraan KAPA. 

PTS-4 telah dipakai secara resmi oleh Marinir Rusia sejak tahun 2013, sebagai pengganti kendaraan PTS dan PTS-2 yang sudah menua. Kendaraan dengan bobot 30 ton ini mampu membawa payload 12 ton ketika di darat dan 18 ton saat berenang.


KAPA produksi Excalibur Army (photo : Excalibur Army)

Perusahaan Ceko Excalibur Army juga membuat kendaraan TAT dengan nama KAPA, belum ada keterangan apapun akan kendaraan ini selain foto di atas, namun jika menilik dari jumlah rodanya, KAPA dan PTS-4 sama-sama menggunakan 7 roda rantai yang menjejak tanah, artinya bobot kedua kendaraan ini tidak jauh berbeda.

Dengan kebutuhan 54 kendaraan yang akan diakuisisi hingga tahun 2024, jika dibagi dalam 3 Pasukan Marinir (Pasmar) maka setiap Pasmar akan mendapatkan jatah yang sama yaitu 18 unit kendaraan transport amfibi beroda rantai ini. Jumlah 54 unit ini pun juga melampaui kebutuhan MEF yang telah direvisi pada tahun 2016 yaitu 40 unit.

(Defense Studies)

Subscribe to receive free email updates: